Informasi untuk orang tua dan wali
Kebijakan dan Ketentuan Layanan kami dirancang untuk mempromosikan pengalaman bermain game secara positif dan menyenangkan bagi para pemain. Kami juga berkomitmen untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan orang tua sehingga mereka dapat membimbing anak-anak mereka untuk menikmati pengalaman bermain yang aman dan menyenangkan saat bermain game Garena.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat FAQ di bawah atau Ketentuan Layanan and Kebijakan Privasi kami
Apakah game Garena aman untuk dimainkan anak saya?
- Kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang positif, aman, dan menyenangkan bagi semua pemain game Garena.
- Sebagaimana dinyatakan dalam Ketentuan Layanankami, pemain yang belum mencapai usia dewasa (anak-anak/remaja) diwajibkan untuk meminta persetujuan orang tua sebelum mendaftar untuk bermain game kami. Jika Anda adalah orang tua atau wali yang membuat akun atas nama anak anda, anda juga harus menyetujui Persyaratan Layanan sebelum mendaftarkan akun.
Transaksi apa saja yang bisa dilakukan di dalam game?
- Pemain bisa mendapatkan item untuk meningkatkan gameplay dan mata uang dalam game dengan memainkan game, yang dapat digunakan untuk membeli karakter dan item dalam game.
- Pemain juga dapat membeli mata uang di dalam game dengan mata uang dunia nyata, yang juga dapat digunakan untuk membeli karakter dan item dalam game.
Adakah persyaratan usia anak untuk bermain game?
- Peringkat usia bermain game di Google Play dan Apple App Store berbeda-beda tergantung pada sistem peringkat masing-masing negara. Di Indonesia, games kami dapat dimainkan oleh pemain dari berbagai usia, seperti game Free Fire untuk usia 12+ dan Arena Of Valor untuk usia 12+.
- Dalam kasus apa pun, sebagaimana dinyatakan dalam Ketentuan Layanan kami, pemain yang belum mencapai usia 18 tahun atau usia dewasa yang relevan (anak-anak/remaja) diharuskan untuk meminta persetujuan orang tua sebelum mendaftar untuk bermain game. Jika anda adalah orang tua atau wali yang membuat akun atas nama anak anda, anda juga harus menyetujui Ketentuan Layanan sebelum mendaftarkan akun.
- Selain itu, jika anak anda di bawah usia dewasa, dan anda tidak menyetujui data mereka, harap hubungi Petugas Perlindungan Data kami sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi kami.
Bagaimana cara menjaga keamanan akun anak saya?
- Kami menyadari kebutuhan untuk melindungi informasi pribadi anak-anak.
- Jaga agar informasi akun anak anda tetap aman dan pribadi. Jangan berikan akses ke akun anak anda kepada orang lain.
- Kami mendorong orang tua untuk menginstruksikan anak mereka untuk tidak pernah memberikan nama asli, alamat, nomor telepon, atau informasi pribadi lainnya tanpa izin orang tua.
- Segera beri tahu kami tentang penggunaan ID pengguna dan/atau kata sandi anak anda secara tidak sah melalui fungsi pelaporan dalam aplikasi, platform media sosial kami, atau dengan mengirimkan detailnya ke Customer Service kami.
- Selain itu, jika anak anda di bawah usia dewasa, dan anda tidak menyetujui data mereka, harap hubungi Petugas Perlindungan Data kami sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi kami.
Anak saya telah mendaftarkan akun game Garena, tetapi belum cukup umur untuk memainkan game tersebut. Apa yang dapat saya lakukan?
- Jika anda mengetahui bahwa anak anda di bawah usia dewasa tetapi telah mendaftarkan akun di game Garena tanpa sepengetahuan atau persetujuan anda, silakan hubungi kami di Customer Service kami dengan perincian yang relevan. Untuk informasi lebih lanjut tentang batasan usia, silakan lihat Ketentuan Layanan kami.
- Selain itu, jika anak anda di bawah usia dewasa, dan anda tidak menyetujui data mereka, harap hubungi Petugas Perlindungan Data kami sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi kami.
- Seperti yang dijelaskan di bawah, Google dan Apple juga menawarkan serangkaian pengaturan yang memberdayakan orang tua untuk mengontrol akses ke aplikasi tertentu. Anda didorong untuk membiasakan diri dengan berbagai pengaturan yang akan memberdayakan Anda untuk mengontrol akses anak Anda ke konten aplikasi.
Kontrol apa yang saya miliki atas akun anak saya? Di mana saya bisa belajar tentang kontrol orang tua?
- Semua game Garena dapat untuk diunduh di aplikasi Google Play Store dan Apple App Store.
- Baik Google Play Store maupun Apple App Store menawarkan berbagai pengaturan yang memberdayakan orang tua untuk mengontrol berbagai aspek seperti aplikasi mana yang dapat diakses anak-anak Anda dan cara mereka melakukan pembelian dalam aplikasi.
- Anda disarankan untuk merujuk ke tautan di bawah ini untuk instruksi dan informasi lebih lanjut tentang cara mengontrol pengaturan ini:
Jika anak saya di bawah usia dewasa tetapi ingin bermain game Garena, dapatkah dia mendaftar untuk bermain?
- Ketentuan Layanan kami mengharuskan anak-anak meminta persetujuan orang tua sebelum mendaftar untuk bermain game Garena.
- Selain itu, kami mendorong orang tua untuk tetap terlibat untuk memahami permainan apa yang dimainkan anak-anak mereka, dan mendidik mereka tentang cara mendapatkan pengalaman online yang aman dan menyenangkan.
- Kami menyarankan agar orang tua melakukan percakapan rutin dengan anak-anak mereka tentang perilaku online mereka secara umum, informasi yang mereka konsumsi secara online, dan masalah lain yang mungkin mereka temui saat online.
Saya memiliki pertanyaan tentang pembelian yang dilakukan anak saya di game Garena. Siapa yang bisa saya hubungi?
- Untuk pertanyaan mengenai pembelian tidak sah, pengembalian uang, dll., kirimkan detailnya kepada kami melalui Customer Service.
Anak saya telah menerima komunikasi yang tidak pantas di game Garena. Apa yang dapat saya lakukan?
- Pengguna disarankan untuk melaporkan perilaku yang tidak pantas melalui fungsi pelaporan dalam aplikasi, platform media sosial kami, atau dengan mengirimkan detailnya kepada kami Customer Service.
- Kami menanggapi semua laporan tersebut dan mengambil tindakan jika diperlukan, hingga dan termasuk melarang pemain dari permainan kami. Setiap akun yang kami temukan telah digunakan untuk tujuan ilegal, curang, melecehkan, memfitnah, mengancam, atau kasar juga dapat dirujuk ke otoritas penegak hukum.
Bagaimana cara menjaga keamanan akun game Garena saya?
- Jaga kerahasiaan kata sandi Anda dan ubah secara teratur
- Jangan bagikan detail login Anda dengan siapa pun, termasuk staf Garena, keluarga, atau teman. Kata sandi akun Anda harus dirahasiakan.
- Anda harus menetapkan kata sandi yang rumit dan mengubahnya secara teratur untuk menjaga keamanan akun Anda. Kata sandi yang kuat memiliki karakteristik sebagai berikut.
- Tidak mengandung nama pribadi atau nama pengguna anda;
- Minimal 8 karakter;
- Memiliki angka, simbol (contoh: !@#$%^&*), huruf besar dan huruf kecil.
- Berhati-hatilah dengan siapa Anda berbagi informasi
- Phisher (pihak yang melakukan penipuan dengan mencuri data pribadi) akan terus berusaha mencari informasi penting dan berharga mengenai keuangan (contoh: kata sandi akun, nomor kartu kredit, dan PIN dompet).
- Berhati-hatilah dengan siapa Anda berbagi informasi dan jaga keamanan akun Anda dengan mengikuti kiat-kiat ini:
- JANGAN DILAKUKAN
- Jangan menanggapi panggilan, email, atau pesan lain yang meminta login pribadi atau informasi keuangan, seperti kata sandi Anda, kata sandi satu kali (OTP), informasi kartu kredit, dan nomor jaminan sosial. Garena tidak akan pernah meminta informasi login Anda melalui panggilan, SMS, email, obrolan dalam game, atau layanan perpesanan lainnya.
- Jangan memasukkan informasi penting melalui jaringan yang tidak aman (contoh: Wifi publik) atau di komputer umum. Penjahat dunia maya berpotensi mencegat saluran ini dan mendapatkan informasi Anda.
- Jangan mengklik tautan mencurigakan dalam obrolan atau email yang mungkin merupakan situs phishing yang berfungsi untuk mengumpulkan informasi pribadi dari korban yang tidak menaruh curiga.
- LAKUKAN
- Jaga kerahasiaan kata sandi, PIN dompet virtual, dan OTP Anda. Jika ragu, hubungi Garena melalui Customer Service.
- Hanya lakukan transaksi yang melibatkan memasukkan informasi penting (contoh: penarikan saldo dompet Anda) melalui jaringan yang aman (contoh: jaringan telepon seluler pribadi Anda, wifi rumah).
Apa yang harus saya lakukan jika saya yakin bahwa saya telah terkena phising melalui game Garena?
- Phishing adalah upaya untuk mendapatkan akses ke akun Anda dengan mencuri (atau menipu Anda untuk mengungkapkan) informasi sensitif Anda seperti kata sandi dan informasi kartu kredit.
- Email / SMS / pesan phishing mungkin memiliki karakteristik sebagai berikut:
- Meminta informasi pribadi atau keuangan seperti nomor kartu kredit Anda
- Berisi lampiran yang tidak diminta
- Berisi tautan palsu
- Mendesak Anda untuk bertindak cepat
- Menggunakan sapaan umum seperti "Pengguna yang Terhormat"
- Tidak profesional, mengandung kesalahan ejaan dan tata bahasa yang buruk
- Namun, tidak semua email / SMS / pesan phishing memiliki karakteristik ini, jadi berhati-hatilah dan jangan pernah memberikan informasi pribadi atau keuangan Anda melalui saluran tersebut.